Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena fluktuasi tingkat retensi kru di PT TOS
Indonesia yang menunjukkan pelayanan crewing belum optimal. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelayanan crewing terhadap
tingkat retensi kru. Objek penelitian adalah tingkat retensi kru kapal di PT TOS Indonesia.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 300 kru dengan sampel sebanyak 75 responden,
yang dipilih menggunakan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen kuesioner, dan teknik analisis data
menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara pelayanan crewing dan tingkat retensi kru dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,1, dengan thitung 21,184 > ttabel 1,293, serta koefisien regresi sebesar 0,927. Menunjukkan pelayanan crewing berkontribusi sebesar 86% terhadap tingkat retensi kru. Dimensi yang paling merefleksikan tingkat retensi kru adalah dimensi loyalitas kru, sementara dimensi yang paling merefleksikan
pelayanan crewing adalah administrasi. Berdasarkan temuan tersebut, direkomendasikan
perhatian lebih oleh perusahaan terhadap kepuasan kerja dan kesempatan pengembangan kru serta membangun sistem umpan balik yang efektif dan melakukan evaluasi berkala terhadap kepuasan dari kru kapal dengan tidak mengesampingkan aspek komunikasi dua arah antara kru dengan perusahaan dan pemberian pelayanan yang adil dan merata untuk seluruh kru.